Jumat, Desember 14, 2007

Internet via kabel listrik PLN ??

Perusahaan Listrik Negara (PLN) memiliki perpanjangan tangan bernama ICON+ (PT Indonesia Comnets Plus). Anak perusahaan yang bergerak di bidang telematika itu lebih dikenal sebagai penyedia jaringan tertutup berbasis kabel listrik (power line carrier). Dari sisi teknologi, rupanya ICON+ sanggup menyediakan layanan telepon lokal berbasis kabel listrik dan teknologi Voice over Internet Protocols (VoIP).

Jika selama ini yang kita tahu kabel listrik hanya digunakan untuk menghidupkan lampu, televisi atau perangkat elektrik lainnya, tapi kini kabel listrik bisa digunakan untuk menelpon maupun browsing internet. Adalah teknologi PLC (power line communication) yang berhasil menggabungkan teknologi akses data berbasis IP dengan jaringan listrik.

Informasi yang diterima Onliner's kecepatan koneksi internet ini tergantung dari berapa bandwidth yang kita ambil, bukan dari daya listrik yang kita pakai di rumah. Dan sistem jaringan internet ini melalui BPL (broadband over powerline) yang dipasang di gardu PLN berfungsi sebagai server atau gateaway, system triple play (data, suara , video) dan voip, juga menggunakan NGN (next generation fiber optic backbone).

KapanLagi.com menyebutkan sebenarnya konsep menggunakan akses internet berkecepatan tinggi dengan memanfaatkan jaringan listrik bukan barang baru di negara-negara maju seperti Inggris, Amerika dan Australia. Jauh sebelumnya, bahkan sudah ada upaya untuk mengimplementasikan teknologi ini. Namun sempat terhambat karena ketidakmampuan mengatasi solusi ekonomis dalam menyaring kadar noise listrik yang melekat pada kabel-kabel listrik.

Sekarang yang jadi permasalahan karena BPL (broadband over powerline) dipasang di gardu PLN, maka bagaimana kalau ada pemadaman listrik ??!!

Tidak ada komentar:

Online Warnet on Facebook