Rabu, Januari 07, 2009

Google Maps Street

Terbayang tidak jika anda berada di suatu jalan di Sukabumi, bisa kita pantau melalui internet? Namun untuk saat ini anda tak perlu khawatir karena di Indonesia "Google Maps Street" belum bisa di akses.

Tapi sejumlah negara di Benua Eropa, Amerika, Australia, dan Asia (Baru Jepang) hal itu dapat terjadi melalui sebuah layanan internet yang memungkinkan orang berkelana ke hampir seluruh kota-kota tanpa beranjak dari tempat duduk melalui Google Street 3 Dimensi.

Pengguna situs web yang baru dapat menelusuri peta kota dengan mengklik tampilan jalan, atau menuliskan nama alamat. Dengan mengklik panah di layar, pengguna akan merasa seperti mereka berjalan di jalanan kota dan akan dapat melihat ke kanan, kiri atau di belakang mereka selama mereka melakukan tur virtual ini.

Gambar akan dihadirkan selengkap mungkin, termasuk close-up gedung, mobil dan orang, juga menampilkan gambar dan memasukkan video orang meninggalkan rumah sakit, klinik kesehatan, toko-toko dan hotel. Dan walaupun gambar tidak 'hidup', mereka akan diperbarui setiap beberapa jam sekali.

Apa sih gunanya Street View? Street View berguna untuk mengetahui tampilan sudut-sudut pemandangan jalan agar dapat membayangkan seperti apa bentuk nyatanya. Bila anda ingin berkunjung ke New York misalnya, agar anda bisa merasa familiar dengan kota yang akan anda kunjungi, anda dapat melihat ke level street view supaya nantinya anda dapat merasakan seperti apa sudut-sudut jalan kota New York.  Menarik bukan?

Lalu bagaimana caranya untuk melihat tampilan Street View? Gampang kok, tinggal klik menu Street View pada menu kanan atas Google Maps Street, lalu drag and drop icon boneka orang, tempatkan pada sudut jalan tertentu yang ditandai oleh kotak biru. Setelah icon boneka di tempatkan, maka akan muncul tampilan foto pemandangan sudut jalan yang anda pilih. Hebatnya lagi, photo tersebut dapat di rotate, sehingga anda dapat melihat pemandangan 180 derajat.

Anda bisa mencoba Google Maps Street di bawah ini :


United States


Australia



Jepang



France


Bagaimana dengan jalan di Cibadak - Sukabumi? Tenang saja, saya tidak akan memantau anda saat ini karena seperti yang saya katakan diatas, layanan "Google Maps Street" ini belum tersedia di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Online Warnet on Facebook