Sabtu, November 29, 2008

Google Translate (Terjemahan Bahasa - Online)

Googgle, perusahaan raksasa yang biasa kita kenal untuk search engine ternyata banyak fitur yang kadang kita tidak ketahui. Diantaranya Google Translate, penerjemah teks yang ada di halaman situs google rupanya terus ter-update.

Diantara software komersial translate bahasa yang beredar, google mengklaim berbeda dengan mereka. Knapa? Karena Google translate menggunakan pendekatan yang lebih pada sample terjemahan oleh manusia, yang selanjutnya dilakukan pembelajaran teknik statistik untuk menghasilkan model terjemahan. Tentu saja dengan data jutaan kata atau text.

Beberapa bahasa baru telah ditambahkan, dan yang menarik adalah fasilitas deteksi otomatis dari bahasa sumber yang akan diterjemahkan. Diantaranya: Catalan, Filipina, Hebrew, Latvia, Lithuania, Serbia, Slowakia , Slovenia, Ukrainia, Vietnam dan termasuk bahasa indonesia terdapat di dalamnya. Sehingga saat ini google mendukung 35 bahasa Internasional.

Dengan begitu memang hasil yang didapat akan lebih baik jika salah satu bahasanya Inggris. Meskipun begitu ini termasuk kemajuan yang sangat bermanfaat, karena permasalahan bahasa yang menghambat laju informasi mulai bisa diatasi.

Cara Translate via Google:
  1. Buka situs www.google.co.id
  2. Klik, Perangkat bahasa
  3. Dan pilih teks yang akan diterjemahkan, dan terjemahkan ke bahasa yang diinginkan.
  4. Atau anda juga bisa terjemahkan langsung dari mesin pencari google (penelusuran) atau juga terjemahan dari halaman web.

Berikut Screenshoot dari Google Translate:

Tidak ada komentar:

Online Warnet on Facebook